Tentang Komputer

Tentang Komputer berasal dari bahasa latin yaitu computare yang berari menghitung
Bagikan:
PENGENALAN KOMPUTER

Tentang Komputer A.  Definisi Komputer
Komputer berasal dari bahasa latin yaitu computare yang berari menghitung. Pada jaman dahulu komputer digunakan hanya untuk keperluan terbatas karena bentuk dan sifatnya masih sangat sederhana.
Adapun definisi computer menurut para ahli seperti : Menurut Fuori :
Komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmatika dan logika tanpa campur tangan manusia.

Menurut Blissmer :
Komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut

:  Menerima input

:  Memproses input tadi sesuai dengan programnya

 :  Menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan

 :  Menyediakan output dalam bentuk informasi

 Menurut Hamacher
Komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.
Dari pendapat diatas kita dapat simpulkan bahwa komputer adalah seperangkat alat elektronik yang bekerja sama dalam melakukan pengolahan data sehingga menjadi sebuah informasi yang dapat dimengerti oleh manusia.

 B.  Skema Dasar Sistem Komputer
 Di dalam computer terdapat empat komponen pokok system computer yang saling bekerja sama dalam mencapai tujuan system computer yaitu komputasi. Ke empat komponen system computer itu sendiri adalah :

1.   Pemroses;
2.   Memori utama;
3.   Perangkat Input dan output; dan
4.   Interkoneksi antarkomponen

Yang pertama :

Pemroses disini berfungsi untuk melakukan pengolahan data dan pengendalian operasi pada computer. Pemroses itu sendiri terdiri dari tiga komponen yaitu :
1.   CU (Control Unit)
2.   ALU (Aritmatic Logic Unit)
3.   Register-register

Didalam pemroses itu sendiri terdapat 3 kategori operasi yaitu :

1.   Operasi aritmatika seperti   (+,-,*,/)
2.   Operasi Logika seperti OR, AND, INVERSI, dan XOR
3.   Operasi pengendalian seperti : operasi percabangan.

Yang kedua :
Memori utama bersifat volatile (sementara) disebut volatile karena sifatnya yang bergantung pada sumberdaya listrik, jika sumberdaya listrik tidak ada maka data akan hilang.contoh dari memori yang bersifat volatile adalah EDO RAM, SDRAM, DDRAM dan lain-lain.    Selain itu ada juga memori yang bersifat non-volatile (tidak sementara) karena sifatnya yang tidak tergantung pada sumberdaya listrik. Contoh dari memori yang bersifat non volatile adalah flashdisk, Hardisk, Disket dan lain-lain

Yang ketiga :
Perangkat input dan output disini berfungsi agar komputer dapat berkomunikasi dengan lingkungan luar baik bagi user atau lingkungan secara umum. Perangkat input dan output terdiri dari dua bagian utama yaitu :

 1.   Komponen mekanis;dan
 2.   Komponen elektronis

Komponen mekanis disini merupakan biasanya alat itu sendiri sendangkan komponen elektronis biasanya bentuknya berupa chip controller. Fungsi dari komponen elektronis adalah mengendalikan komponen mekanis.

Yang ke empat :

Interkoneksi antarkomponen disini merupakan komunikasi atau keterhubungan antara pemroses/CPU, memori dan perangkat input dan output guna mencapai tujuan dari sistem komputer itu sendiri.

C.  SEJARAH GENERASI KOMPUTER
1.   Generasi Pertama
Pada  komputer  generasi  pertama  penggunaan tube  vacum  (yang  membuat komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar) dan menggunakan silinder magnetik untuk penyimpanan data.

2.   Generasi Kedua
Pada computer generasi kedua ini sudah menggunakan transistor sebagai penggantu     tube     vakum,     transistor     ditemukan     pada     tahun     1948. Transistor adalah suatu alat semikonduktor yang digunakan     untuk penguat, sirkuit pemutus dan penyambung (switching), stabilisasi tegangan, modulasi sinyal atau sebagai fungsi lainnya.

3.   Generasi Ketiga
Pada computer generasi ketiga ini seorang ilmuan yang bernama Jack Kilby mengembangkan sebuah IC (Integrate Circuit) pada tahun 1958. Selain itu pada computer generasi ketiga ini computer sudah menggunakan software yaitu Sistem Operasi yang memungkinkan berbagai program yang berbeda bias berjalan di satu computer.

4.   Generasi Keempat
Ciri dari computer generasi keempat ini adalah semakin kecilnya ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik. Pada generasi keempat ini computer sudah tidak lagi di dominasi oleh perusahaan-perusaahan besar dan lembaga pemerintah bahkan masyarakat umum pun sudah banyak yang menggunakan computer generasi computer keempat ini.

5.   Generasi kelima
Pada computer generasi kelima ini computer sudah berkembang sangat pesat, itu ditandai dengan banyaknya kemajuan pengembangan komponen komponen yang di produksi oleh para pengembangkan computer. Semakin tingginya spesifikasi software yang harus diimbangi dengan spesifikasi hardware. Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.
kk komputer kediri kk komputer kediri Author kk komputer & ps 2 kediri
Title: Tentang Komputer
Author: kk komputer kediri
Rating 5 of 5 Des:
PENGENALAN KOMPUTER  A.  Definisi Komputer Komputer berasal dari bahasa latin yaitu computare yang berari menghitung. Pada jaman dahulu k...
Maaf, bagi yang ingi bertanya Fast respon silahkan kunjungi via Fanspage Facebook / Google Plus, +PS2 & COMPUTER KEDIRI - +PSKEDIRI
Bagikan:
Anda baru saja membaca artikel Situs PS2 - Komputer Rakitan kediri yang berkategori Komputer Kediri, Merakit Komputer dengan judul Tentang Komputer. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL https://www.pskediri.com/2015/02/tentang-komputer.html. Terima kasih!

Komputer

Merakit Komputer

Ada pertanyaan ?:

0 comments: