Cara membuat warnet diskless tanpa hardisk

Cara membuat warnet diskless tanpa hardisk
Bagikan:
warnet diskless tanpa hardiskCara membuat warnet diskless tanpa hardisk - Halo! lama tak jumpa, dan sudah lama sekali semenjak saya posting terakhir di blog ini, hehe. Selain dari kesibukan jual beli komputer juga dikarenakan bingung mau share apa lagi disini. Kebetulan seminggu yang lalu ada teman saya yang meminta saya untuk membangun sebuah warnet namun komputer client tidak ingin ada harddisk-nya alias Diskless (nah loh emang bisa?), awal saya mendapat permintaan begitu, saya mengerutkan dahi, memang bisa ya? lalu saya mencoba untuk browsing sebentar dan ternyata memang bisa, hehe. Penasaran caranya? yuk kita sama-sama bahas disini :)
Yang pertama terlintas dalam benak saya setelah mendapat pencerahan tentang software yang dipakai; spesifikasi server harus bagaimana? Secara kalau komputer client tanpa harddisk berarti beban Sistem Operasi Client ditanggung oleh komputer Server. Setelah browsing kesana kemari, akhirnya dapatlah spesifikasi yang harus dipersiapkan oleh komputer server.

Spesifikasi untuk komputer server warnet diskless
Intel Core i5-4670K 3.4Ghz - Cache 6MB Socket LGA 1150Intel Core i5-4670K 3.4Ghz - Cache 6MB Socket LGA 1150 - Haswell Series sudah menggunakan prosessor 4 inti, dan sudah cukup mumpuni untuk kebutuhan minimum komputer server yang akan dipasang. Informasi lengkap bisa dilihat di Tautan Ini.

Dari Prosessor AMD sebagai
contoh kita bisa menggunakan AMD Vishera FX-8350 4.0Ghz Cache 8MB 95W AM3+,

AMD Vishera FX-8350 4.0Ghz Cache 8MB 95W AM3+Untuk Prosessor, direkomendasikan menggunakan Prosessor berinti 4 atau lebih, bisa menggunakan prosessor tipe AMD ataupun Intel. Sebagai contoh saya memberikan gambaran untuk jenis Prosessor berinti 4 atau lebih.

Dari Prosessor Intel sebagai contoh kita bisa menggunakan seri Intel Core i5-4670K 3.4Ghz - Cache 6MB Socket LGA 1150 - Haswell Series, dengan spesifikasi sebagai berikut


Intel Core i5-4670K 3.4Ghz - Cache 6MB Socket LGA 1150 - Haswell Series sudah menggunakan prosessor 4 inti, dan sudah cukup mumpuni untuk kebutuhan minimum komputer server yang akan dipasang. Informasi lengkap bisa dilihat di Tautan Ini.

Dari Prosessor AMD sebagai contoh kita bisa menggunakan AMD Vishera FX-8350 4.0Ghz Cache 8MB 95W AM3+


2. Mainboard

Untuk mainboard, supaya semua hardware bisa berimbang, di rekomendasikan untuk menggunakan mainboard yang mendukung kapasitas RAM lebih dari 8 GB, mempunyai port SATA lebih dari 6 Port. Rekomendasi merk yang digunakan bisa menggunakan merk, Gigabyte, Asus, MSI,

3. RAM / Memory

Kebutuhan RAM untuk server minimal sebesar 8 GB dengan tipe RAM menggunakan DDR3, atau supaya nyaman bisa menggunakan RAM sebesar 16 GB.

4. Harddisk

Nah sekarang lanjut di harddisk, berapa nih kapasitas yang harus di persiapkan? kalau komputer client tidak memakai harddisk semuanya, Yup, mari kita bahas disini.
Untuk Harddisk kita bagi menjadi 3 bagian

Image Disk
Image Disk digunakan untuk menyimpan Sistem Operasi untuk client. Untuk besaran kapasitas Image Disk kita bisa menggunakan Harddisk bertipe SATA3, sebagai contoh kita bisa menggunakan harddisk WDC 1TB SATA 32MB - Caviar Black RE.
Harddisk Untuk Image Disk, hanya dibutuhkan 1 buah harddisk. Oya for your information kalian tidak perlu menggunakan Harddisk bertipe SSD untuk Image disk, karena untuk proses Booting setiap client dibantu dari RAM server, jadi proses booting tidak sepenuhnya bergantung pada kecepatan Read/Write Harddisk.

Game Disk
Game disk digunakan untuk menyimpan Game data, inilah salah satu kelebihan menggunakan software CCBoot, untuk warnet yang dikhususkan untuk game proses Patch game online hanya dilakukan 1 kali oleh server, jadi kita tidak perlu mem-patch setiap game dari setiap PC Client. Keren ya :D

Untuk Game Disk dibutuhkan 2 buah harddisk, dan kita satukan dengan RAID0 menggunakan Win2008 Disk Manager, lalu kita konfigurasi di dalam BIOS agar status Harddisk menggunakan AHCI mode. Untuk tutorialnya sendiri bisa dicari di mbah google atau bisa juga mencarinya lewat youtube :)

1 Buah SSD Drive untuk Cache (ukuran SSD direkomendasikan lebih dari 128 GB)

Writeback Disk
Writeback disk digunakan untuk menyimpan data dari Client, untuk Writeback Disk direkomendasikan menggunakan Harddisk bertipe SATA3, untuk opsinya, boleh menggunakan Harddisk konvensional, ataupun menggunakan Harddisk SSD.

Untuk Writeback Disk bisa menggunakan 2 buah harddisk.


Kesimpulannya, untuk membangun sebuah PC Server kita membutuhkan sedikitnya 6 Buah Harddisk, dan dengan begitu Server dapat menampung Client sampai 25-30 Unit.
Iseng-iseng kita bikin speknya yuk, biar tau harganya berapa untuk kebutuhan server :)

warnet diskless tanpa hardisk
Total biaya 15,5 juta, tapi tunggu dulu, spesifikasi diatas bisa dipakai client sebanyak 25-30 komputer, kalau kita pasang harddisk di setiap komputer client yang harganya 700rb/pc berarti kita harus menyiapkan budget 20 Juta lagi, belum lagi waktu untuk instalasi sistem operasi, juga proses patch game yang harus dilakukan di setiap komputer client.

Oke segini dulu pencerahan yang bisa saya sampaikan, untuk proses instalasi dan konfigurasi CCBoot nya akan saya buat di kemudian hari artikelnya, juga untuk kebutuhan spesifikasi Client dan Sistem Operasi Komputer Server
kk komputer kediri kk komputer kediri Author kk komputer & ps 2 kediri
Title: Cara membuat warnet diskless tanpa hardisk
Author: kk komputer kediri
Rating 5 of 5 Des:
Cara membuat warnet diskless tanpa hardisk - Halo! lama tak jumpa, dan sudah lama sekali semenjak saya posting terakhir di blog ini, hehe. ...
Maaf, bagi yang ingi bertanya Fast respon silahkan kunjungi via Fanspage Facebook / Google Plus, +PS2 & COMPUTER KEDIRI - +PSKEDIRI
Bagikan:
Anda baru saja membaca artikel Situs PS2 - Komputer Rakitan kediri yang berkategori AMD Kediri, Diskless Kediri, Intel Kediri, Tutorial Kediri, Tutorial Komuter Kediri, Warnet Diskless Kediri, Writeback Disk dengan judul Cara membuat warnet diskless tanpa hardisk. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://www.pskediri.com/2015/09/cara-membuat-warnet-diskless-tanpa.html. Terima kasih!

AMD

Diskless

Intel

Tutorial

Tutorial Komuter

Warnet Diskless

Writeback Disk

Ada pertanyaan ?:

0 comments: