Merubah Icon OPL Open PS2Loader

OPL atau Open PS2Loader pada file ELFnya sudah memuat sendiri Icon-icon yang ditampilkan saat OPL dijalankan di PS2
Bagikan:
Merubah Icon OPL Open PS2Loader OPL atauOpen PS2Loader pada file ELFnya sudah memuat sendiri Icon-icon yang ditampilkan saat OPL dijalankan di PS2, dan icon-icon ini bisa kita atur tampilannya dengan mengganti theme atau tema dari OPLnya dengan tentunya theme yang kita gunakan memuat juga gambar" icon.

Pada tutorial yang bersama tutorial ini sudah dijelaskan bagaimana membuat sebuah theme buat OPL, dimana pada theme atau skin OPL tersebut sudah memuat icon" yang dipergunakan Open PS2Loadernya sendiri saat kita jalankan di PS2.

Dan pada kesempatan ini, kita akan mencoba lagi mengganti icon dari OPLnya, yang mana icon yang kita ganti ini merupakan icon yang ada di file ELF OPL sendiri atau dengan kata lain icon yang kita ganti atau rubah adalah icon standar atau bawaan OPLnya sendiri setelah dicompile menjadi file ELF.

Untuk merubah icon OPL bisa kita lakukan dengan cara mengganti dulu semua icon-iconnya sebelum dicompile menjadi file elf, yang mana untuk icon-icon OPLnya sendiri seperti contohnya pada OPL versi 0.7 berada difolder GFX pada source mentah programnya.

Bisa juga kita lakukan pergantian icon-icon Open PS2loadernya setelah dimakefile menjadi elf atau file elfnya yang langsung kita edit untuk diganti iconnya hanya dengan menggunakan software hex editor. Dan pada tips kali ini cara inilah yang saya coba bahas karena menurut saya cara ini lebih mudah (mungkin) dilakukan oleh teman" karena tidak perlu lagi memikirkan gimana harus menginstal program unix untuk GNU C Compiler menjadi elf, menggunakan PS2sdk,
PS2toolchain, mengupdate dari SVN, Dan lain-lain.

Intinya trik ini tidak memerlukan skill pemrograman, yang penting bisa teliti dalam menginputkan kode" hex, Insya Allah teman" akan bisa.

Sebelum kita mulai mengedit icon oplnya, terlebih dahulu kita coba pahami format gambar yang digunakan oleh opl disource mentahnya serta kode gambarnya sendiri jika kita lihat dengan menggunakan software hex editor.

Format gambar standar yang digunakan oleh opl versi 0.7 sampai saat postingan ini saya tulis adalah PNG dengan ukuran gambar 64x64 pixel, dan pada revisi-revisinya terdapat penambahan lagi gambar dengan format PNG dengan ukuran

   20x20 pixel untuk icon tombol" stik.
   24x20 pixel untuk icon tombol" stik.
   40x20 pixel untuk icon START dan SELECT.
   31x31 pixel untuk gambar status loading yang dirender secara animasi.



Seperti pada contoh icon revisi OPL v 0.7 yang bisa digunakan di PS2 Fat dan Slim serta bisa juga digunakan pada PS2 SCPH 10000 - 15000, seperti pada contoh gambar dibawah ini.

Icon 64x64 pixel




 Icon 31x31 pixel


 
Icon 40x20 pixel

 Icon 24x20 pixel

 Icon 20x20 pixel



Okley...

Sementara untuk kode gambar png jika kita lihat menggunakan hex editor adalah

Untuk kode awal gambar dimulai dengan 89 50 dengan kode pada bagian ASCII tertulis IHDR
seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Jadi jika menemukan kode hex 89 50, tapi ternyata pada bagian ASCII tidak ada tertulis IHDR seperti pada contoh gambar diatas, maka kode tersebut  bukan kode gambar PNG, melainkan kode yang lain yang kodenya sama dengan 89 50.

Sementara untuk kode hex terakhir untuk gambar PNG adalah 60 82.

Jadi dari kode 89 50 sampai dengan 60 82 merupakan kode hex satu gambar dengan format PNG.



Kode hex gambar PNG Awal : 89 50
Akhir : 60 82



Okley... mudah"an sampai disini smua udh pada mengerti.



Sekarang kita coba pahami perhitungan byte angka" atau huruf" kode hexnya dimana umpamanya :

Kode hexnya adalah 89 50 4E

Maka kode 89 50 4E itu merupakan 3 kode hex dengan besar 3 byte.

Atau contoh yang lain lagi dimana kode hexnya umpamanya 89 50 4E 95 E7 FA 81, maka kode tersebut terdiri dari 7 kode hex dengan besar 7 byte.

Jadi jika sebuah file data entah itu gambar atau data" lainnya yang umpamanya besar filenya
6,042 byte, maka jumlah kode hex dari file tersebut jika dibuka dihex editor berjumlah 6042 kode



Saya rasa sudah cukup modal dasar kita untuk menerapkan trik ini, dan untuk lebih jelasnya, kita mulai lagi trik mengganti icon standar atau bawaan elf file OPLnya.

Sebelum kita mulai mengedit file elf OPL, terlebih dahulu kita unpack dulu file elfnya, karena biasanya file elf yang kita download itu sudah dipack oleh yang mengcompile baru disebar luaskan.

Dan untuk mengunpack file elf caranya mudah saja, tinggal kita gunakan software unpacker seperti cara kita dulu waktu masih membahas soal menonaktifkan fungsih Format usbadvance. Dan pada contoh ini untuk file elf OPLnya setelah saya unpack, maka  besar filenya menjadi 1.33
MB atau 1,396,473 bytes seperti pada contoh gambar dibawah ini.
 
Sekarang buka file elfnya di Hex editor dan akan seperti pada contoh gambar dibawah ini.
 Sekarang kita coba mulai mencari posisi kode gambar PNG dengan cara tekan CTRL+F atau klik logo Tropon seperti pada contoh gambar dibawah ini.

Dan pada kotak Find kita isi kode hex awal gambar yang ini kita cari, dalam hal ini kode awal PNG
adalah 89 50 seperti yang sudah dijelaskan diatas.

Dan akan seperti pada gambar dibawah ini.

Seperti pada contoh gambar diatas dimana pada Type diatur ke Hex Values, sementara pada Value kita isi dengan 8950 (kode awal gambar PNG), dan centang juga pada Find All Instances, dan untuk Directionnya ditandai Down karena kita melakukan pencarian kebawah dari posisi awal cursor.


Selanjutnya klik OK, dan semua kode 8950 yang didapat akan ditampilkan alamat offsetnya seperti pada contoh gambar dibawah ini.
Seperti pada contoh gambar diatas kalau kode 8950 didapat sebanyak 34 alamat Offset Hex (34 instances of '8950' found in OPL10k.ELF), sementara untuk kode alamat Offsetnya seperti yang ditunjukkan oleh tanda panah diatas, dan untuk melihat letak kodenya, maka tinggal klik aja pada alamat offset yang ingn dilihat.

Mengingat untuk jumlah gambar yang digunakan OPL pada contoh ini jumlahnya sebanyak 30 gambar seperti yang sudah dijelaskan diatas, maka 4 dari alamat offset tersebut bukan merupakan kode awal gambar PNGnya, dan untuk memastikan alamat offset yang dituju benar" merupakan kode awal gambar PNGnya maka kita bisa melihat pada kode ASCIInya jika ada tulisan IHDR berarti kode tersebut adalah kode awal gambar PNGnya, tapi jika tidak berarti kode tersebut bukan kode awal dari gambar PNGnya.

Okley... kita mulai periksa"nya (he3x...Dokter kli yach)

Klik pada alamat offset hex pertama yang didapat yakni 0008B9F8 atau sama dengan 8B9F8
(angka nol didepan tidak disebutkan)

Wah... Bukan Bro, soalnya pada bagian ASCII tidak ada tertulis IHDR.

Sekarang coba lanjutkan lagi mengklik kode offset hex selanjutnya, yakni 0008BAE8, dan ternyata...bukan juga.

Sekarang coba lagi kode dibawahnya, yakni 00098630 atau sama dengan 98630, dan gambarnya akan seperti dibawah ini.

Nah... Ni dia nih kode yang kita cari dimana pada code ASCIInya terdapat tulisan IHDR seperti pada contoh gambar diatas (tanda merah).

Sekarang posisikan cursor pada kode awalnya, yakni dengan mengklik pada kode hex 89, sehingga akan seperti pada contoh gambar dibawah ini.
Okley...sekarang posisi cursor sudah berada pada kode awal gambar PNGnya, dan sekarang kita cari lagi kode akhirnya, dimana untuk kode akhir gambar PNG adalah 60 82.

Sekarang kita cari lagi dengan menekan CTRL+F atau klik logo Tropon seperti cara kita sebelumnya, dan pada kotak Find isi seperti gambar dibawah ini.
 Seperti pada contoh gambar diatas dimana pada Type diset ke Hex Values, dan pada Value diisi dengan kode 6082 (kode hex akhir gambar PNG), dan pada Find All Instances tidak dicentang lagi karena yang kita cari cuma untuk akhir code pada satu gambar saja, dan setelah itu klik OK, dan akan seperti pada contoh gambar dibawah ini.
 Selanjutnya kita mencari posisi kode offset hex akhir kodenya dengan cara klik pada kode terakhir yakni 82, dan seharusnya posisi kursornya seperti pada contoh gambar dibawah ini.

Nah... kode akhir gambarnya sudah didapat juga, yakni 000996BB atau sama dengan 996BB.

Jadi mulai dari Offset hex 00098630 sampai dengan offset hex 000996BB merupakan kode 1 gambar PNG yang digunakan oleh OPL.

Gimana... Mau tau gambarnya ini yang bagaimana...

Yaaa... kalau mau tau... kita extract lagi gambarnya keluar dengan cara sebagai berikut

Karena kita sudah tau alamat offset gambarnya, maka untuk mengextract keluar kita select semua kode gambar PNGnya mulai dari awal kode sampai akhir kode gambar dengan pertama-tama kembalikan dulu posisi cursor diawal kode, dalam hal ini alamat offset awal gambarnya adalah
98630.

Tekan CTRL+G atau klik logo seperti pada contoh gambar dibawah ini.
 Kemudian isi alamat offset yang dituju dalam hal ini 98630 seperti pada contoh gambar dibawah ini.

Seperti pada contoh gambar diatas dimana pada Offset kita isi alamat offset yang dituju dalam hal ini adalah 98630, dan centang pada Hex karena 98630 tersebut merupakan kode Hex, sementara pada From Where tandai Beginning of File, selanjutnya tinggal klik Go.

Maka cursor akan pindah kealamat offset yang dituju seperti gambar dibawah ini.
 
Selanjutnya kita select dengan mengklik Edit >> Select Block, seperti pada contoh gambar dibawah ini.
 Selanjutnya isi alamat offset terakhir gambar yang ingin kita tandai, dalam hal ini adalah 996BB, seperti pada contoh gambar dibawah ini.

Seperti pada contoh gambar diatas dimana pada Block dimasukkan kode akhir alamat offset gambar yang ingin ditandai, dalam contoh ini adalah 996BB, sementara ditandai pada Hex, karena
996BB itu adalah kode hex alamat offsetnya, dan di Method ditandai Ending Position, selanjutnya tinggal klik OK, maka mulai dari posisi cursor sampai pada alamat offset 996BB akan ditandai seperti pada contoh gambar dibawah ini.

Selanjutnya copy semua kode yang ditandai dengan menekan CTRL+C.

Selanjutnya bikin file baru dengan menekan CTRL+N, dan akan seperti pada contoh gambar dibawah ini.
 Selanjutnya kita Paste code yang dicopy sebelumnya dengan menekan CTRL+V, dan akan seperti pada contoh gambar dibawah ini.

Seperti pada contoh gambar diatas kalau kodenya masih berwarna merah yang menandakan kalau kode tersebut belum kita save.

Dan selanjutnya Save file tersebut dengan menekan CTRL+S atau klik logo Disket, dan save dengan extensi file sesuai dengan header filenya, dalam hal ini adalah format gambar PNG (*.png). Seperti pada contoh ini kalau filenya saya save dengan nama file gbr1.png.


Klik Save, maka 1 gambar berhasil kita extract keluar. dan untuk membuktikan atau ingin mengetahui gambar yang tadi kita extract itu bagaimana model ukuran serta besar filenya, maka silahkan buka folder dimana file tersebut disimpan.

Dan akan seperti pada contoh gambar dibawah ini.
 Nah.... Udah tau khan kalau kode hex yang tadi kita tandai pada file elf OPLnya adalah gambar seperti diatas dengan ukuran 64x64 pixel. Sementara untuk melihat besar file gambarnya dalam byte, maka klik kanan pada file gambarnya, kemudian klik Properties, dan pada contoh ini akan seperti gambar dibawah ini.

Jadi file gambar tersebut besarnya adalah 4,236 bytes.



Okley....

Sekarang jika ingin mencoba lagi mencari dan mengextract kode gambar lainnya, maka tinggal lakukan cara seperti cara kita sebelumnya.

Dan untuk mempermudah teman", maka untuk file OPL.ELF pada contoh ini sudah saya carikan dan extractkan semua gambar PNG serta alamat offset setiap gambarnya dan jika berminat klik disini untuk download gambar" icon + alamat offset setiap gambarnya.

Sekarang kita coba mengganti gambar iconnya, dan sebelum melakukan pergantian gambar" icon, maka sebaiknya gambar" pengganti nantinya ukuran filenya sama dengan gambar yang ingin diganti, serta besar file gambar penggantinya samadengan atau lebih kecil dari gambar yang ingin kita ganti.

Umpamanya pada contoh ini saya akan mengganti gambar icon yang sudah kita extract tadi, yang mana untuk ukuran gambar aslinya adalah 64x64 pixel dengan besar file 4,236 bytes, dengan gambar seperti pada contoh gambar dibawah ini.
 
Ukuran 64x64 pixel
Besar file 4,205 bytes

Melihat pada contoh ini untuk besar file gambar pengganti lebih kecil dari file gambar aslinya
sekitar  31 byte (4,236 - 4,205 = 31), maka nantinya setelah kode gambar pengganti sudah diinsert masuk kefile opl menggantikan kode gambar originalnya akan ada sekitar 31 hex kode yang dihapus/diganti dengan kode 00 (jika tidak mengerti perhitungan jumlah kode hex, silahkan baca kembali pada awal" postingan ini).

Okley....

Kita mulai insert sekarang gambar penggantinya.

Sekarang posisikan cursor dialamat offset kode awal gambar yang ingin diganti, dan pada contoh ini posisi awal offset  gambarnya yang akan kita coba ganti adalah 98630.

Takan CTRL+G dan isi pada kotak Gotonya seperti pada contoh gambar dibawah ini
 
Klik Go, maka cursor akan berada tepat pada kode awal gambar yang ingin kita ganti.

Selanjutnya kita tandai/select block lagi kode gambarnya, dan pada tahap ini cara kita menandai dengan berpedoman pada besar byte file gambar penggantinya.

Jadi seperti pada contoh ini untuk gambar penggantinya besar filenya adalah 4,205 bytes, maka klik Edit >> Select Block, kemudian isi sesuai dengan besar byte file gambar yang mau kita insert masuk seperti pada contoh gambar dibawah ini.

Seperti pada contoh gambar diatas dimana pada Block dimasukkan angka besar byte gambar penggantinya dalam hal ini adalah 4,205 bytes, dan tandai pada Dec karena angka/besar file 4205 itu merupakan angka Decimal (bukan Hexadecimal), sementara pada Method ditandai Size of Block karena cara kita memblock kali ini berdasarkan ukuran besar file.

Klik OK, maka mulai dari posisi cursor atau posisi awal gambar yang mau kita ganti akan ditandai sampai pada kode hex yang ke 4205, atau kode yang ditandai/diblok sebanyak 4205 kode hex (klo kga prcaya itung aja ndiri wkwkwk)

Seperti pada contoh gambar dibawah ini.

Sekarang kita Insert masuk gambar penggantinya menggantikan kode gambar yang sudah kita block/tandai dengan mengklik File >> Replace With File...

Selanjutnya browse dan klik gambar pengganti yang sudah kita siapkan sebelumnya dan pada contoh ini akan seperti pada contoh gambar dibawah ini.


Kode yang berwarna merah tersebut dan beberapa lagi kode diatasnya yang semuanya berjumlah
4205 kode hex merupakan kode gambar penggantinya dan belum kita save.

Selanjutnya seperti yang sudah kita uraikan diatas kalau besar file penggantinya lebih kecil sekitar
31 byte dari file originalnya, maka akan ada 31 byte (31 kode) yang akan dihapus, dan cara menghapus kode tersebut adalah dengan mengubah kodenya kekode 00, mulai dari kode akhir gambar yang sudah kita insert masuk sampai dengan kode yang ke 31.



Jadi seperti pada contoh ini dimana setelah kode gambar penggantinya diinsert masuk menjadi seperti ini.



00 00 49 45 4E 44 AE 42 60 82 79 DE A5 76 A9 5D 6A
33 DB FF 01 EA 7C A1 5F 7D 56 09 C4 00 00 00 00 49
45 4E 44 AE  42 60 82 00 00 00 00 89 50 4E 47 0D 0A



Kemudian kita ubah lagi 31 kode hex sesudah kode terakhir gambar penggantinya, dan setelah kodenya dirubah ke 00 akan menjadi seperti dibawah ini.



00 00 49 45 4E 44 AE 42 60 82 00 00 00 00 00 00 00
00 00 00 00 00 00 00 00 00 00 00 00 00 00 00 00 00
00 00 00 00  00 00 00 00 00 00 00 89 50 4E 47 0D 0A

Tip.
Sebenarnya untuk mencari sisa kode yang kita ubah menjadi 00 bisa kita dapat hanya dengan melihat mulai dari kode akhir gambar pengganti (warna merah)sampai dengan kode akhir gambar originalnya yang kodenya adalah 60 82, Jadi mulai dari kode akhir gambar pengganti sampai dengan kode akhir gambar originalnya kita ganti dengan kode 00.

Okley... Mudah"an bisa dimengerti sampai disini.

Selanjutnya kita lakukan pergantian gambar lagi jika masih diinginkan dengan cara seperti yang sudah dijelaskan diatas.

Dan jika sudah tidak ada lagi yang ingin diganti, maka tinggal kita tekan CTRL+S untuk menyimpan filenya, dan disini ukuran besar file dari elf oplnya tidak berubah atau besar filenya masih tetap seperti sebelumnya.

Pack kembali file elfnya dan silahkan coba dan gunakan di PS2nya dengan icon standar OPLnya sesuai dengan icon yang teman" masukkan.

Sementara pada OPL revisi trakhir saat saya tulis tutorial ini sudah ditambahkan lagi 1 gambar dengan format PNG dengan ukuran 513x197 pixel yang gambarnya seperti dibawah ini.
kk komputer kediri kk komputer kediri Author kk komputer & ps 2 kediri
Title: Merubah Icon OPL Open PS2Loader
Author: kk komputer kediri
Rating 5 of 5 Des:
Merubah Icon OPL Open PS2Loader O PL atauOpen PS2Loade r p ada f il e EL F n y a s u dah memuat se n d i ri I con- i c on y ang d i t a ...